Translate

Senin, 28 Mei 2012

Teknik Bermain Recorder


Recorder merupakan alat musik melodis yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara (aerophone) dan dimainkan dengan cara ditiup.
Rekoder atau seruling umum digunakan untuk pengajaran disekolah, rekoder yang sering dipakai adalah recorder sopran, disamping recorder sopran ada juga recorder sopranino dan recorder alto.
Recorder sopran mempunyai wilayah suara dari c’ (semua lubang ditutup semua ) , tetapi untuk nada tinggi hampir dapat dipastikan bunyinya disonan sekali. Recorder termasuk alat muzik melodis bukan ritmis (pengiring) dan akan dibahagi menjadi 2 kumpulan iaitu individu & kelompok.

Bagian-bagian recorder

Jenis-jenis recorder

1.      Recorder Sopranino
2.      Recorder Soprano
3.      Recorder Alto
4.      Recorder Tenor
5.      Recorder Bass
6.      Recorder Great Bass (Contra Bass)
Recorder yang umum digunakan dalam proses belajar di sekolah adalah recorder soprano (Descant), Recorder soprano mempunyai wilayah nada dari c’ (semua lubang ditutup) s/d b’’.

Teknik Memainkan Recorder
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memainkan Recorder, yaitu:
1.      Tangan kiri memegang seruling bagian atas dengan posisi jari:
a.       Ibu Jari menutup lobang Oktaf
b.      Jari Telunjuk menutup lobang 1
c.       Jari Tengah menutup lobang 2
d.      Jari manis menutup lobang 3
2.      Tangan kanan memegang recorder bagian bawah, dengan posisi jari:
a.       Jari  Telunjuk menutup lobang 4
b.      Jari Tengah menutup lobang 5
c.       Jari Manis menutup lobang 6
d.      Jari Kelingking menutup lobang 7

3.     Untuk menghasilkan nada tinggi, lobang oktaf yang ditutup dengan Ibu Jari tengan kiri, dibuka ½ hingga ¾.
4.      Kepala tegak dan bahu wajar (tidak tegang)
5.      Dada membusung dan kedua belah siku terangkat sehingga tidak menyentuh badan
6.     Sumber tiupan diletakkan diatas bibir bagian bawah, bibir bagian atas menyentuh sumber tiupan dengan wajar.
7.      Jangan memasukkan bagian kepala Recorder (sumber tiupan) terlalu dalam sehingga menyentuh gigi, dan jangan digigit.
8.      Tehnik Pernafasan dan Tiupan
Bernafas yang baik sama seperti kita bernyanyi yaitu menggunakan pernafasan diafragma. Untuk menghasilkan tiupan yang bagus ucapkan seperti kata ”THU”. Tiupan harus rata jangan terlalu kuat meniup sehingga memekakkan telinga. Biasanya nada do (c’) adalah yang paling susah dibunyikan.
9.      Tuning Pada Recorder (melaras)
Recorder bisa di laras (disesuaikan nadanya bila terdengar agak fals) tetapi biasanya naik turunnya nada tidak sampai ½ nada. Untuk melaras Recorder bisa dengan menarik bagian kepala atau ekor dari recorder dengan menyamakan bunyinya pada stem fluit, garputala atau keyboard.

Latihan-Latihan
Latihan Ritme dalam Birama 4/4 




















Tangga Nada C Mayor



Latihan Individu









27 komentar:

  1. Gan bisa di beritahu lebih dlm ke email saya raffyyusmar@gmail.com

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. baguskaaaaaaaaaannnnnnnnnnnn..

      Hapus
    2. kada.......

      Hapus
  3. terimakasih bos
    sangat membantu

    BalasHapus
  4. Artikel yang bagus...
    Kunjungi juga:
    http://sanggarmodel.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. gmn cara mainkan rekorder yg bas dan great bas,,apa sama??dan apakah bisa dimaenkan sebagai kunci sperti grip pada gitar??

    BalasHapus
  6. nggak ngerti bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba broo kesini, mungkin membantu http://ellmimarissa.blogspot.com/2014/04/cara-bermain-recorder-untuk-pemula.html

      Hapus
  7. Balasan
    1. coba deh kesini http://ellmimarissa.blogspot.com/2014/04/cara-bermain-recorder-untuk-pemula.html

      Hapus
  8. baru belajar, gw jadi bingung...

    BalasHapus
  9. tetep gaa ngertii....
    gmana craa yang lebih jelas ???

    BalasHapus
  10. tetep bingung saya,, baru pemula !!

    BalasHapus
  11. cara megangnya gmna in???bingung aku kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ini agak membantu http://ellmimarissa.blogspot.com/2014/04/cara-bermain-recorder-untuk-pemula.html

      numpang promo

      Hapus
  12. seep dah ... sangat membantu

    BalasHapus
  13. lumayan, tapi aku masih ga ngerti sama skali not balok'a ._. ini bljr main aja kepaksa sama tugas skolah XP

    BalasHapus
  14. Gan
    Ane udh bisa main recorder
    Tp tangan kirinya di atas
    And tangan kanan di bawah
    Apakah di perbolehkan bermain seperti itu?

    BalasHapus
  15. masa cuman diatonis aja
    kromatisnya gk diberi tahui
    akupun bisanya kalau cman buat diatonis

    BalasHapus
  16. masa cuman diatonis aja
    kromatisnya gk diberi tahui
    akupun bisanya kalau cman buat diatonis

    BalasHapus
  17. Kalo yg pake kres mol itu gimana?

    BalasHapus
  18. posisi tangan saat memainkan nada sol rendah mana y?

    BalasHapus